Pages

Kamis, 25 April 2013

Computational Semantic

Setelah Cloud Computing mulai menjadi pembicaraan para ahli IT di dunia, muncul lagi istilah baru dalam dunia komputer yaitu Computational Semantic. Sebenarnya istilah semantic sendiri sudah telah lama ada, misalnya dalam bahasa pemrograman sering terdengar istilah semantik, atau juga dalam dunia WEB ada yang bernama web semantic, namun yang akan kita bahas disini adalah Komputer Semantic atau orang barat bilang Computational Semantic.

Sebelumnya membahas lebih lanjut mengenai Computational Semantic, ada baiknya kita mengenal dulu apa semantik.
Semantik (dari Bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah
cabang linguistik yang mempelajari makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.
Computational (Komputer) sendiri adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

jadi Komputasi semantik dapat diartikan tentang bagaimana untuk mengotomatisasi proses membangun dan penalaran dengan makna representasi dari bahasa alami ekspresi. Ini akibatnya memainkan peran penting dalam pengolahan bahasa alami dan komputasi linguistik. Tujuan dari komputasi semantik adalah untuk menemukan teknik untuk secara otomatis membangun representasi semantik untuk ungkapan bahasa manusia, representasi yang dapat digunakan untuk melakukan inferensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Unisbank Semarang

Blogger news